You Are Reading

7

Laporan Percobaan Ayunan Sederhana (Praktik SMA)

Ilham Triputra Thursday, August 7, 2014


AYUNAN SEDERHANA

A.  Teori
Teori Gerak harmonis sederhana yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah getaran benda pada pegas dan getaran benda pada ayunan sederhana. Kita akan mempelajarinya satu persatu. Gerak Harmonis Sederhana pada Ayunan.
Ketika beban digantungkan pada ayunan dan tidak diberikan gaya maka benda akan diam di titik kesetimbangan B. Jika beban ditarik ke titik A dan dilepaskan, maka beban akan bergerak ke B, C, lalu kembali lagi ke A. Gerakan beban akan terjadi berulang secara periodik, dengan kata lain beban pada ayunan di atas melakukan gerak harmonik sederhana. 

Untuk menentukan gravitasi bumi dilakukan percobaan ayunan bandul sederhana dengan peralatan sederhana. Dengan mengmati gerak harmonis bandul yang memiliki simpangan maksimal 15°. Serta menentukan waktu yang diperlukan untuk 5, 10, atau 20 getaran dengan panjang tali yang berbeda-beda dan massa beban sebesar 0,05 Kg. Yang kemudian dihitung nilai gravitasinya dengan persamaan berikut:
 


B.  Tujuan
Menentukan nilai percepatan gravitasi melalui percobaan ayunan sederhana di areal SMA Negeri 12 Jakarta tepatnya di ruang 302, laboratorium fisika.
C.  Alat dan Bahan
  •     Beban 0,05 Kg 
  •      Tali 
  •      Pita Meter 
  •      Stopwatch 
  •      Statip
  •      Klem


D.  Cara Kerja
  1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan. 
  2. Letakkan statip pada tempat yang stabil. 
  3. Ikatkan tali ke beban 0,05 Kg. 
  4. Kemudian lilitkan ujung tali lainnya pada klem yang diapit oleh statip. 
  5. Ukurlah panjang tali sepanjang l m dengan menggunakan pita meter. 
  6. Ayunkan beban  yang telah diikat sepanjang l m dengan simpangan maksimal sebesar 15°. 
  7. Amati ayunan bandul hingga bergerak harmonis dan siapkan stopwatch. 
  8. Hitung waktu sampai n ayunan menggunakan stopwatch.
  9. Catat waktu yang diperlukan untuk n ayunan sebesar t detik.
  10. Ulangi percobaan dengan panjang tali yang berbeda dan ayunan yang berbeda, kemudian hitunglan waktu yang diperlukan menggunakan stopwatch. 
  11. Catat hasil percobaan pada tabel hasil pengamatan.

E.  Data Percobaan
Percobaan
Panjang Tali (l)
Ayunan (n)
Waktu (t)
Periode
( T )
I
40 cm
5 Kali
6,53 s
1,306 s
II
50 cm
10 Kali
14,49 s
1,449 s
III
60 cm
20 Kali
31,50 s
1,575 s
Tabel hasil pengamatan


F.   Pengolahan Data

 Gunakan rumus pada teori diatas, masukan data sesuai percobaan.
 

G.  Kesimpulan dan Saran
Jadi, percepatan gravitasi di SMA Negeri 12 Jakarta tepatnya di ruang 302, laboratorium fisika adalah 9.393328189666667 m/s2 atau 9.393328190 m/s2. Semakin panjang tali maka semakin besar pula periode tersebut. Perubahan massa benda tidak mempengaruhi bertambahnya periode. Jadi, percepatan gravitasi bergantung pada besarnya periode dan panjang tali. Sebaiknya, dalam melakukan percobaan ini, pastikan alat percobaan diletakkan pada tempat yang stabil sehingga tidak mempengaruhi hasil percobaan.

H.  Daftar Pustaka
Pane, Wenny 2012, Jakarta: ‘Ayunan Sederhana’, wordpress.com, diakses 27 April 2013. http://www.wennyphysics.info/ayunan-sederhana/
Mudi, Gomuda 2012, Jakarta: ‘Praktikum Sederhana Menentukan Nilai Percepatan Gravitasi Bumi’, gomuda.com, diakses 27 April 2013. http://www.gomuda.com/2012/ 10/praktikum-sederhana-menentukan-nilai.html
Trihadijaya, Agi Febrian 2012, Sumatera: 'Laporan Praktikum Fisika Ayunan Sederhana', blogger.com, diakses 27 April 2013.
http://agifebrian.blogspot.com/ 2012/11/laporan-praktikum-ayunan-sederhana.html

7 comments:

Unknown said...

izin copas,, boleh? :)

Nahrul said...

Thankss bermanfaat sekali

lokde said...

benar benar bermanfaat terimakasih bosqu :)))

Unknown said...

Mantap jiwa

Mintoeng said...

Terima kasih🙏🙏🙏🙏

Blogger said...

If you're attempting to lose pounds then you have to start using this brand new personalized keto plan.

To design this service, certified nutritionists, personal trainers, and chefs joined together to develop keto meal plans that are powerful, suitable, price-efficient, and fun.

Since their launch in January 2019, 1000's of people have already completely transformed their figure and well-being with the benefits a proper keto plan can provide.

Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones given by the keto plan.

Ranyrxny said...

KISAH CERITA SAYA SEBAGAI NAPI TELAH DI VONIS BEBAS,
BERKAT BANTUAN BPK Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum BELIAU SELAKU PANITERA MUDA DI KANTOR MAHKAMAH AGUNG (M.A) DAN TERNYATA BELIAU BISA MENJEMBATANGI KEJAJARAN PA & PN PROVINSI.

Assalamu'alaikum sedikit saya ingin berbagi cerita kepada sdr/i , saya adalah salah satu NAPI yang terdakwah dengan penganiayaan pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman 2 Tahun 8 bulan penjara, singkat cerita sewaktu saya di jengut dari salah satu anggota keluarga saya yang tinggal di jakarta, kebetulan dia tetangga dengan salah satu anggota panitera muda perdata M.A, dan keluarga saya itu pernah cerita kepada panitera muda M.A tentang masalah yang saya alami skrg, tentang pasal 351 KUHP, sampai sampai berkas saya di banding langsun ke jakarta, tapi alhamdulillah keluarga saya itu memberikan no hp dinas bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum Beliau selaku panitera muda perdata di kantor M.A pusat, dan saya memberanikan diri call beliau dan meminta tolong sama beliau dan saya juga menjelas'kan masalah saya, dan alhamdulillah beliau siap membantu saya setelah saya curhat masalah kasus yang saya alami, alhamdulillah beliau betul betul membantu saya untuk di vonis dan alhamdulillah berkat bantuan beliau saya langsun di vonis bebas dan tidak terbukti bersalah, alhamdulillah berkat bantuan bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum beliau selaku ketua panitera muda perdata di kantor Mahkamah Agung R.I no hp bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum 0823-5240-6469 Bagi teman atau keluarga teman yang lagi terkenah musibah kriminal, kalau belum ada realisasi masalah berkas anda silah'kan hub bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum semoga beliau bisa bantu anda. Wassalam.....

 
Copyright 2010 Ringkasan Mata Pelajaran