You Are Reading

0

Rangkuman Sel

Ilham Triputra Wednesday, July 18, 2012
Sel adalah satuan terkecil makhluk hidup. Sel merupakan unit struktural, fungsional, pertumbuhan, dan hereditas makhluk hidup.

Urutan Tingkatan Makhluk Hidup (Kecil ke Besar) :
Molekul - Organel - Sel - Jaringan - Organ - Sistem Organ - Organisme/Individu - Populasi - Komunitas - Ekosistem - Bioma - Biosfer

  • Sejarah Penemuan dan Teori Sel :
    • Sejarah Penemuan Sel

    Istilah sel pertama kali dikemukakan oleh Robert Hooke (Inggris, 1635-1703) seorang ahli fisika dan matematika. Dengan menggunakan mikroskop sederhana temuannya, Robert Hooke berhasil mengamati sayatan gabus tutup botol, tampak seperti kamar-kamar kecil yang dipisahkan oleh dinding tebal menyerupai sarang lebah
    Pada abad ke 17, Antonievan Leeuwenhoek berhasil melihat benda-benda aneh yang terdapat dalam setetes air rendaman jerami dengan menggunakan mikroskop sederhana rancangannya
    Pada tahun 1809, Jean Baptiste de Lamarck (Prancis 1744-1829) menyatakan bahwa seiap badan makhluk hidup adalah kumpulan sel-sel. Didalam setiap sel, bergerak cairan yang kompleks. Pendapat tersebut didukung oleh Hendri Dutrochet. Dia menyatakan bahwa sel itu merupakan bagian fundamental organisme.
    Dua ilmuwan berkebangsaan Jerman, Mathias Jakob Schleiden (1804-1881) seorang ahli botani dan Theodor Schwann (1810-1882) seorang ahli zoologi menyatakan bahwa semua kehidupan, baik hewan maupun tumbuhan tersusun atas sel.

    • Teori Sel

    Menurut Schleiden (1804-1881) dan T. Schwann (1810-1882). Kedua pakar tersebut berpendapat bahwa "sel merupakan unit struktural (penyusun) tubuh organisme". Organisme yang tersusun aatas satu sel disebut sel Uniseluler, seperti Amoeba, Paramecium, dan Chlamydomonas. Organisme yang tersusun atas banyak sel disebut sel Multiseluler, misalnya Porifera, Coelentrata, dan Mamalia.

    Menurut Max Schultze (1825-1914). Berpendapat bahwa "Protoplasma merupakan struktur dasar organisme dan merupakan bagian penting dari sel". Pendapat tersebut di dukung oleh Felix Dujardin (1835). Protoplasma adalah cairan hidup yang terdapat di dalam sel hidup, istilah protoplasma pertama kali dikenalkan oleh Johannes Evangelists Purkinje.

    Menurut Rudolf Virchow (18558). Menyatakan bahwa "Omnis cellula e lellula" yang artinya setiap sel berasal dari sel sebelumnya. Pada organisme Uniseluler, pembelahan sel induk akan mengalami sel individu baru. Pada organisme Multiseluler, pembelahan sel penyusun tubuh akan menambah jumlah sel penyusun tubuh organisme tersebut, Sebagai akibat perkembangan teknologi. Pada akhir abad ke 19 ditemukan berbagai alat bantu canggih, seperti mikroskop elektron, mikrotom,berbagai cara fiksasi, dan cara pewarnaan berbagai bagian sel. Oleh karena itu, banyak penemuan-penemuan terbaru mengenai sel dan bagiannya. Perkembangan selanjutnya diketahui bahwa di dalam kromosom ditemukan faktor pembawa sifat yang disebut gen. Melalui gen inilah, sifat suatu organisme diwariskan dari induk kepada keturunannya.

  • Struktur dan Fungsi Bagian - Bagian Sel :
  • Sel Tumbuhan dan Hewan :

0 comments:

 
Copyright 2010 Ringkasan Mata Pelajaran