skip to main |
skip to sidebar
You Are Reading
- Pengertian pasar :
- Sempit : Tempat bertemunya penjual & pembeli untuk mengadakan transaksi jual-beli barang & jasa
- Luas : Proses interaksi penjual & pembeli untuk mencapai harga pasar. Co : Pasar saham, pasar uang, penjualan via internet dll
- Pasar dalam strukturnya pasarnya secara garis besar dapat dibedakan dalam 2 kelompok, yaitu pasar persaingan sempurna & pasar persaingan tidak sempurna
- Pasar persaingan sempurna :
- Ciri-ciri :
- Barang yang dijual bersifat homogen dan tidak dapat diidentifikasi. Co : Beras, sayuran
- Penjual maupun pembeli bebas keluar masuk pasar
- Informasi pasar dapat diketahui dengan mudah oleh semua pihak
- Terdapat kebebasan mengambil keputusan
- Elemen-elemen :
- Penerimaan total (TR) : Pendapatan yang diterima seluruhnya/hasil penjualan produk
P = Harga produk
Q = Jumlah produk
- Penerimaan rata-rata (AR) : Penerimaan per unit produk
- Penerimaan marjinal (MR) : Tambahan penerimaan karena adanya tambahan penjualan produk
TRn + 1 : Total penerimaan setalah ada penambahan
TRn : Total penerimaan awal
- Biaya rata-rata (AC)/biaya total rata-rata (ATC): Rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk setiap satu unit produk
- Biaya marjinal (MC) : Tambahan biaya karena adanya penambahan jumlah produksi
- Break even point/titik impas/balik modal : Keadaan dimana penerimaan total sama dengan biaya total yang dikeluarkan. Dalam grafik, pertemuan garis TR dengan garis TC
- Kebaikan : Harga yang terbentuk oleh permintaan dan penawaran mendorong perusahaan/produsen dapat meningkatkan kinerja & kualitas produk agar efisiensi dapat dijalankan secara maksimal. Produsen jadi dapat menjual barang dibawah harga pasar yang membuat konsumen banyak mencari produknya. Dan konsumen dapat membeli barang yang lebih murah
- Keburukan : Investasi terhadap produk menjadi terhambat karena produk yang dijual homogen & sulit diidentifikasi
- Contoh : Pasar beras, pasar sayuran, pasar buah
- Pasar persaingan tidak sempurna :
- Pasar monopoli :
- Pengertian : Pasar yang di dalamnya terdapat 1 penjual & banyak pembeli & barang yang diperdagangkan homogen (sejenis)
- Ciri-ciri :
- Terdapat 1 penjual yang menghadapi banyak pembeli
- Barang yang diperdagangkan 1 jenis dan tidak terdapat barang substitusi
- Tidak ada persaingan
- Adanya hambatan untuk masuk ke dalam pasar monopoli
- Penyebab timbulnya pasar monopoli :
- Penggabungan perusahaan-perusahaan yang ada
- Faktor produksi & kekayaan alam yang menyangkut hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara
- Kebaikan :
- Dihargainya kekayaan intelektual seseorang
- Efisiensi biaya produksi yang menguntungkan masyarakat
- Penggunaan teknologi canggih lebih cepat dilakukan
- Keburukan :
- Penyalahgunaan ekonomi
- Tidak adanya persaingan menyebabkan kualitas barang yang dijual rendah
- Masyarakat luas sebagai konsumen diposisikan sebagai "price taker"
- Kesenjangan tampak begitu jelas karena perusahaan memegang monopoli dapat mencapai keuntungan maksimum jauh diatas keuntungan normal
- Peran pemerintah :
- Mencegah timbulnya monopoli dengan mengeluarkan aturan yang jelas dan tegas
- Melakukan monopoli sendiri agar tidak dimonopoli swasta & digunakan untuk kesejahteraan rakyat
- Memberi izin dan mendorong perusahaan baru sebagai pesaing dan penyeimbang segala keputusan yang ditetapkan oleh perusahaan pemegang monopoli
- Menambah penawaran, dari dalam maupun luar negeri
- Contoh : Minyak bumi, batu bara
- Pasar duopoli :
- Pengertian : Pasar 1 jenis barang yang dikuasai 2 kelompok penjual/perusahaan pemasok
- Ciri-ciri :
- Terdapat banyak pembeli dan 2 perusahaan pemasok
- Produk homogen/berbeda namun dengan 1 standar tertentu
- Ada sedikit hambatan bagi perusahaan pendatang baru
- Penggunaan iklan sangat intensif
- Antarkedua perusahaan produsen saling ketergantungan
- Contoh : Perusahaan pesawat (airbus dengan boeing)
- Pasar monopolistik/oligopoli :
- Pengertian : Pasar yang memiliki banyak pembeli dan beberapa penjual yang menjual barang sejenis namun dengan beberapa ciri khas untuk masing-masing produsen
- Ciri-ciri :
- Terdapat banyak penjual (tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna) dan pembeli
- Produk yang dipasarkan memiliki ciri khas sehingga konsumen dapat mengidentifikasi dan membedakan produk tersebut
- Adanya kemampuan produsen mempengaruhi harga
- Adanya kemudahan produsen lain masuk pasar
- Kebaikan :
- Dengan adanya barang yang sama namun memiliki ciri khas dan keunggulan untuk menarik konsumen mendorong masing-masing produsen terus melakukan inovasi
- Konsumen diuntungkan dengan promosi melalui layanan-layanan konsumen seperti servis gratis, layanan purnajual, perdagangan suku cadang
- Keburukan : Promosi yang sangat berpengaruh mendorong produsenterus melakukan promosi dan hal ini menyebabkan biaya promosi menjadi mahal dan harga jual produk pun akan tinggi pula
- Contoh : Pasar perdagangan barang otomotif di Indonesia yang didominasi oleh produsen jepang dan eropa, seperti opel, toyota, honda, ford, dll
- Pasar monopsoni :
- Pengertian : Kebalikan dari pasar monopoli. Terdapat 1 pembeli dan banyak penjual, dari barang dagangan homogen
- Ciri-ciri :
- Hanya ada 1 pembeli yang menghadapi banyak penjual (produsen)
- Terdapat banyak penjual
- Barang yang diperdagangkan homogen
- Adanya hambatan bagi pembeli baru untuk memasuki pasar
- Kebaikan :
- Harga jual produk cenderung murah dan hal ini menguntungkan masyarakat sebagai konsumen
- Persaingan antar produsen mendorong jiwa wirausaha bagi produsen
- Keburukan :
- Adanya penyalahgunaan kekuatan ekonomi
- Keadaan produsen pada posisi yang lemah, yaitu sebagai price taker dan pembeli tunggal
- Adanya kesenjangan antara produsen dan pembeli
- Contoh : Penjualan hasil tangkapan ikan di laut oleh para nelayan kepada tengkulak yang ada di sekitar wilayah tersebut
- Kebijakan pemerintah pada harga pasar :
- Menetapkan harga eceran tertinggi (HET) : Pada penjualan barang yang banyak dibutuhkan oleh konsumen seperti minyak bumi, bensin, sembako, tarif angkutan, dll. Dilakukan untuk mengendalikan harga barang & jasa
- Menetapkan harga eceran terendah (floor price) : Pada penjualan komoditi tertentu. Tujuannya agar produsen tidak mengalami kerugian akibat harga jual produknya yang rendah. Komiditi yang diberlakukan adalah gabah kering
- Penetapan pajak : Bertujuan untuk penerimaan pemerintah dalam membiayai penyelenggaraan negara
- Pemberian subsidi : Bantuan pemerintah kepada produsen agar biaya produksi tidak terlalu tinggi sehingga harga jual produk juga tidak terlalu tinggi. Dibuat untuk menurunkan harga produksinya. Diberikan pada perusahaan yang memproduksi barang & jasa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat banyak seperti BBM, pupuk, listrik, dll
- Penambahan dan pengurangan jumlah barang yang beredar di pasaran :
- Menambah :
- Menjual barang yang telah dibeli pemerintah sebelumnya
- Mengimpor dari luar negeri
- Mencegah dan menindak segala bentuk penimbunan
- Mengurangi :
- Mendorong dilakukannya ekspor
- Membeli produk-produk yang sedang banyak
- Memberlakukan kuota impor
- Melarang segala bentuk penyelundupan dari luar negeri
1 comments:
kalo boleh tahu, Data ini sumbernya dari mana
FB ane, https://www.facebook.com/arek.ikudavid
Post a Comment